Saturday, December 04, 2004

pertanyaan pernyataan

- arti nama omuniuum
ngga' ada

- ide awal dan sejarah pendirian
++ awalnya karena sering nangkring disuatu warnet trus yang punya warnet mau pindah trus tempatnya ditawarin sama kita. trus setelah rundingan selama 8 menit, kita sepakat untuk ngambil tempat itu dan bikin sesuatu. karena yang punya ide banyak akhirnya jadilah tokobuku, clothing dan record shop sekaligus jadi satu. pengerjaan tempatnya dilakukan sama ELEMENT Architect Corp. trus mulai dibikin februari 2002 sampai akhirnya launching pada tanggal 13 juli 2002.
sejak november 2004 ini, karena toko makin penuh sesak akhirnya clothing kita yang punya nama god.inc punya bagian sendiri alias toko sendiri dengan nama god.inc-omuniuum dan tempatnya hanya berjarak beberapa meter saja alias masih satu rumah dengan omuniuum yang lama.

- sebetulnya ownernya itu siapa sih ?
++ ada beberapa orang. jadi kalo mau ketemu ownernya ke toko aja. mungkin tiap ke toko, ownernya bedabeda.

- kalo ownernya banyak, pembagian keuntungannya gimana ?
++ tergantung yang punya atau yang ngurus barang aja. kalo kewajiban owner itu kita ada, yaitu membayar sewa dan biaya operasional. tapi kalo keuntungan itu tergantung banget sama pengelolaan barang masingmasing pemilik barang. jadi sebetulnya omu itu lebih ke sebuah tempat yang disediakan untuk bekerja. kerjaannya masingmasing, tempatnya bareng.

- bagaimana dengan pemilihan lokasinya
++ dapetnya disini, ngga' milih...jadi bingung nih jawabnya..

- tujuan pendirian
++ punya ruangan yang oke buat santai sambil menjalankan hobi sambil cari duit.

- promosi awal seperti apa
++ promosinya dari mulut ke mulut aja..

- siapa saja pelanggannya
++ banyak. mulai dari anak smp sampai bapakbapak yang tuatua gitu deh.

- barang yang dijual
++ buku, mulai dari komik asterix sampai chicklit. mulai dari lima sekawan sampai umar kayam.
++ cdcd dan piringan hitam
++ poster impor
++ clothing lokal dan impor. label lokal yang ada di omuniuum diantaranya god.inc, sanctified, denominate, nutshell dll. untuk kaos impor kita ada merchandise band kayak pearljam, nin, perfect circle, smashing [kalo ngga' keabisan].
++ aksesoris, gelang, cincin, kalung, ikat pinggang, tas, dll.

- punya katalog ?
++ ngga'. tapi punya blog.

- kenapa harga barangnya suka mahal?
++ untuk buku, itu tergantung kita dapet berapa [untuk yang second]. pengennya sih murah. tapi ya itu, tergantung kita dapetnya mahal atau ngga' dan jadinya memang untunguntungan. mungkin ada yang pernah beli satu buku judulnya apa dia belinya mahal tapi pas ke toko lagi ada judul yang sama dengan harga lebih murah. yang kedua alasannya lebih ke personal atau nilai value satu barang. kalo huntingnya susah, harganya pasti lebih mahal.
++ untuk barang yang lain terutama poster, cd sama t'shirt, itu karena ongkos impor yang memang suka ngga' jelas. daripada kita jual murah tapi ngga' bisa lagi masukin barang atau mempertimbangkan ongkos kirim barang yang tidak pernah tetap akhirnya kita bikin standar sendiri untuk ukuran harga. piringan hitam juga gitu kecuali untuk yang bandband tertentu, itu memang value kita sama koleksinya yang tidak bisa dihitung.

- kenapa suka ada barang yang ngga' dijual ?
++ namanya juga hobi. selalu aja ada barang yang tibatiba merasa sulit untuk dilepaskan.

- bagaimana tanggapan orang2 terhadap toko ini
++ bagaimana tanggapan anda sama toko ini ?

- harapan untuk masa yang akan datang
++ ngga' punya. soalnya kalo berharap nanti kerjaannnya ngelamun terus. mendingan dikerjain aja baru lihat hasilnya, bagus atau ngga'.

<<< back to omuniuum