Wednesday, December 01, 2004

1st interview

suatu kesempatan lagi saya dapat berbincangbincang dengan vokalis band 'mega' dari Bandung ini tentang kegiatan mereka yang terbaru.. Tentang sebuah toko, ditengah kota Bandung yang cukup kita bisa bedakan dari toko yang ada. Toko ini dibandung sejak bulan Februari 2002, dan baru mulai beroperasi pada awal juni 2002. dibawah ini adalah wawancara dengan pemilik toko yaitu J.A.V [otong] lebih dikenal sebagai vokalis band bernama KOIL dan F.X.Adam yang juga vokalis/gitarisnya Kubik. Sayangnya adam sibuk dengan konsumen di toko jadi ngobrolnya dilayanin sama Otong doang. Kesannya kayak Dik Doang gini, keduanya adalah bos bos dari perusahaan rekaman mereka yang bertitel apocalypse rekords yang merilis bandband seperti Koil, Silent Sun,....hm...sudah, cuman segitu. Selama interview saya tidak dapat berbuat banyak atau lebih berimprovisasi dalam pertanyaan karena lantunan bicara otong selalu membuat saya terkesim, ya seperti kita melihat dia di panggung saja, Otong selalu berwibawa, membuat saya agak sedikit segan...dan benar apa kata cewekcewek tentang 'goodlooking'nya.. jadi membuat saya agak resah..yang akhirnya saya hanya dapat mengeluarkan pertanyaanpertanyaan biasa saja, tapi semua obrolan berjalan seru dan ketika saya lihat tokonya memang mereka telah membuat pekerjaan yang menarik. BY BENGSUE PHOTOGRAPHED BY JASON

R> ripple
O> omuniuum/otong

R: tolong ceritakan tentang ide awal omuniuum
O: awalnya.. ya awalnya ini kan ada duit hasil dari penjualan ambum koil yang megaloblast kemaren, ngga' banyak sih, tadinya mau gw pake buat judi, cuman si adam kan bukan orang yang seneng judi, gua juga ngga' ngerti padahal dia itu kan orang cungkuo tapi ngga' suka judi, dasar cina palsu, jadi dia inginnya punya toko musik gituan lah, jadi gua mikir gimana supaya toko ini bisa agakagak beguna gitu buat gua pribadi, soalnya gua ngga' ngerti sama sekali tentang persoalan ekonomi dan
manajemen, jadi setelah rembukan dengan anakanak yang laen selama sekitar 8 menit kita sepakat untuk bikin toserba yang berbau musik dan ilmu pengetahuan.
gua sih ya cuman ada ide buat bikin ruangan yang enak aja buat dengerin lagu sambil ngerokok sama minumminum, kan gua overdose sama musik dan gak terlalu tau tentang ilmu pengetahuan dan tetek bengeknya githu lhoo...
kita butuh waktu 3 bulanan buat beresin semuanya, pengerjaannya semua diberesin sama tementemen homo gua di.. eh yang homo itu mereka, gua sih cuma temenan, ngga' ada hubungan khusus. mereka namanya ELEMENT Architect Corp. semua rancangan kayu, listrik, soundsystem meraka yang urusin, kita sih
nimbrungnimbrung aja sok tau dikitdikit sambil nononton bokep, sementara itu anakanak arsitek membantingtulang semi sesuap es cendol bubble ngentot tea itu lhooo.

R: mengapa mengkhususkan jadi toko buku dan piringan hitam ?
O: sebetulnya ngga' sih kalo soal ph, kalo buku memang dari awal salah satu pemegang saham gedenya maunya dia bikin toko buku namanya si itbo, gua gak tau siapa nama benernya, dia kan orangnya ngerti banyak soal perbukuan dan tetek bengeknya, sama lah
kayak si adam, kalo gua sih ya karena buku itu sangat berguna buat peredam ruangan jadi ya gua sih okeoke aja, jadi buat yang seneng baca buku bisa dateng ke toko bacabaca sambil dengerin lagu apa gitu, daripada ke perpustakaan kan suasananya
hening ngga' jelas gitu, bawaannya mesum. kalo di toko kita kan bisa baca buku sambil diskodisko.
kalo soal ph [vynil] ya kebetulan barangbarang yang ada dalam jumlah banyak tinggal ph, gua dulu punya cd ribuan biki, cuman ya udah keburu dijual buat bikin megaloblast, sisanya sebagian besar ph, kan ph nya dipake buat sampling sekitar 5 tahun terakhir kita ngabisin waktu buat bikin loops dari koleksi ph ph ini, kayaknya ada sekitar 400-500 giga di beberapa hard disk, ya semuanya tinggal dipake, udah gitu ini ph nya ngga' tau mau diapain. jadi ya bagus juga kan buat inventory toko, ya siapa tau ada yang mau beli.

R: kenapa namanya omuniuum? apa artinya ?
O: ngga' tau, kayaknya sih ngga' ada artinya, we have no lies or truth in what we say, there is no meaning, really.

R: emangnya laku gitu, jualan ph sama buku?
O: emangnya kenapa gitu ? kalo ngga' laku juga ya kan kita di depan jualan nasi sama sayur, kalo itu nasi ngga' laku juga ya kita makan aja sendiri, da ngga' akan mati ini kalo ngga' laku juga, ya kalo mati itu sih nasib.

R: kirakira ada apa aja sih yang tersedia di toko ?
O: kalo buku ya kebanyakan seleranya si itbo, kayak karangan tolkien, irvine welsh, pramoedya, mangun wijaya, sapardi sama mungkin literature musik, ya banyak juga sih, gua ngga' terlalu hapal, itu seingetnya aja soalnya nama pengarangnya gede gitu, gampang kebaca dari jauh, gua kan bukan pembaca buku, yang pasti sih kayak enny arrow juga ada.

[ripple magazine #13, juli 2002]

<<< back to omuniuum